Konsultasi Lingkungan/ sertifikasi ISO 14001:2015 Level 2

Apa yang disediakan HSS

(Gratis biaya tidak termasuk akomodasi sampai pemberitahuan lebih lanjut)

HSS akan melakukan segala upaya untuk memastikan organisasi Anda memperoleh atau mempertahankan sertifikasi ISO 14001  melalui konsultasi dan penilailan yang dilakukan tim kami yang telah tersertifikasi oleh IRCA (Daftar Internasional Auditor Bersertifikat) sebagai Lead Auditor ISO 14001: 2015.

  • Menyediakan sertifikasi ISO 14001: 2015 level 2 untuk organisasi (Lihat tingkat sertifikasi yang tersedia untuk organisasi) di bawah.
  • Solusi praktis untuk masalah lingkungan oleh divisi operasi HSS.
  • Informasi dan saran tentang tindakan terbaik.
  • Melakukan analisis kesenjangan internal untuk perusahaan Anda dan standar yang disepakati.
  • Membantu dalam audit internal.
  • Bekerja sama dengan auditor eksternal ISO 14001: 2015 dan/atau memberikan sertifikasi Level 2 dari HSS.
  • Menghadiri rapat tinjauan manajemen.

Semua jenis organisasi yang beroperasi di masyarakat saat ini perlu menyadari dampak potensial dari masalah lingkungan terhadap operasinya saat ini dan di masa depan. Untuk memastikan organisasi tersebut sepenuhnya memahami dampak ini, ia perlu memastikan adanya akses untuk keahlian yang tepat, berbicara dengan pemangku kepentingan terkait serta mengintegrasikan pertimbangan masalah lingkungan terutama ke dalam penilaian risiko dan manajemen strategis. Organisasi perlu memastikan mereka memahami masalah lingkungan dalam kaitannya dengan situasi spesifik mereka dan menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan strategi respons yang sesuai yang akan melindungi dan meningkatkan kapasitasnya dari waktu ke waktu. Tindakan yang harus mereka pertimbangkan termasuk kepatuhan terhadap undang-undang, mengurangi biaya dan dampak lingkungan dari kegiatan operasional, meninjau desain produk, dan menangani masalah lingkungan dalam rantai pasokan dan distribusi.

 

Sistem manajemen lingkungan (EMS) adalah kerangka kerja terstruktur untuk mengelola dampak lingkungan yang signifikan dari suatu organisasi. Beberapa organisasi telah mengadopsi pendekatan yang ditentukan dalam standar nasional atau internasional dan mencantumkan persyaratan EMS dan mengharuskan sistem mereka dinilai dan disertifikasi secara eksternal; yang lainnya telah mengembangkan EMS mereka dengan cara yang lebih informal. Apa pun pendekatan yang telah diadopsi, unsur-unsur EMS sebagian besar akan sama. ISO 14001 adalah standar EMS yang paling banyak digunakan dan merupakan salah satu dari berbagai standar manajemen lingkungan dalam seri ISO 14000.

(Sumber: Brady, J. (2005). Environmental Management in Organizations: The IEMA Handbook, UK: Earthscan)

ISO 14001

Meningkatnya kesadaran akan isu-isu lingkungan seperti polusi dan perubahan iklim berarti manajemen lingkungan yang efektif sangatlah penting untuk berbagai ukuran organisasi saat ini. ISO 14001 adalah standar internasional untuk Sistem Manajemen Lingkungan (EMS).

  • ISO 14001 tidak menentukan tingkat kinerja lingkungan yang ingin dicapai. Sebaliknya, ini adalah kerangka kerja yang fleksibel untuk pengelolaan target kinerja lingkungan yang ditentukan sendiri, dan yang merupakan persyaratan hukum.
  • ISO 14001 memungkinkan suatu organisasi untuk memenuhi kewajiban lingkungan dan berkomunikasi dengan pelanggan bahwa perbaikan lingkungan nyata sedang dicapai.
  • ISO 14001 menunjukkan pemahaman tentang undang-undang lingkungan, mengurangi risiko lingkungan, dan komitmen untuk meningkatkan bisnis.

Level sertifikasi ISO 14001

Ada 3 level Kepatuhan / Sertifikasi ISO;

  • Level 1– Sistem Manajemen diterapkan untuk persyaratan standar tetapi tidak ada audit / sertifikasi formal yang diselesaikan
  • Level 2– Sistem diberlakukan dan disertifikasi oleh perusahaan sertifikasi pihak ketiga misalnya oleh tim restorasi HSS.
  • Level 3– Sistem diberlakukan dan disertifikasi oleh perusahaan sertifikasi terakreditasi misalnya BSI, SGS dan sebagainya.

HSS dapat memberikan sertifikasi / audit non-akreditasi tingkat 2 atau memberi nasihat pada sertifikasi level 3 yang dilakukan oleh badan terakreditasi, misalnya BSI dan kunjungan / audit pengawasan.

HSS memberikan saran independen yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi Anda.